v

Ini Pria Non Muslim Yang Rajin Bangunkan Saudara Muslim Untuk Sahur

Advertisemen
Photo: Copyright haaretz.com
Ketika seseorang menghormati orang lain yang beda agama, beda suku atau beda rasa, tentu hal ini juga akan membuatnya dihormati. Tak hanya dihormati, sikapnya yang ramah dan menghargai serta peduli tersebut tentunya akan membuatnya menjadi seseorang yang mengesankan. Berbicara mengenai seseorang yang sangat mengesankan dan menghargai orang lain di sekitarnya yang beda agama, kali ini telah dilakukan oleh seorang pria dari Israel bernama Michel Ayoub.


Michel Ayoub merupakan seseorang non muslim. Meski ia non muslim, setiap waktu sahur ia selalu membangunkan orang-orang muslim di lingkungannya untuk melakukan ibadah sunah makan sahur. Tampa pamrih, Michel mendatangi rumah orang-orang muslim satu persatu dan membangunkannya untuk memberi tahu bahwa sudah waktunya untuk melakukan makan sahur.

Michel menyusuri lorong buat membangunkan warga muslim untuk makan sahur | Photo: Copyright haaretz.com

Dikutip dari laman haaretz.com, Michel memulai keliling sekitar pukul 02.00 dini hari waktu setempat di sekitar Abboud, di kota Acre, Israel dengan membawa sebuah drum lalu menabuh drum tersebut sebagai penanda bahwa sudah tiba waktunya sahur. Saat berkeliling ini, Michel juga tak lupa memakai pakaian khas Arab serta memakai sorban di kepalanya. Tak lupa ia juga menyanyikan suatu lagu dalam bahasa Arab yang artinya, 


"Kamu yang sedang tertidur, bangunlah, tunjukkan loyalitasmu untuk beribadah kepada Allah dan bangunlah untuk menjalankan ibadah makan sahur sebelum fajar tiba."


Dari laporan yang ada, tradisi membangunkan orang sahur di Israel ini sudah ada sejak ribuan tahun lalu. Sementara ini, tradisi ini mulai terlupakan dan tidak dilakukan lagi. Karena alasan ini, Michel pun ingin meneruskan tradisi ini. Ya, meskipun ia bukanlah seorang yang beragama muslim. Michel sendiri telah menjalankan tradisi ini dan berjuang sendiri untuk membangunkan orang muslim sahur setidaknya selama sepuluh tahun terakhir.

Michel saat membangunkan warga muslim untuk sahur | Photo: Copyright haaretz.com

Atas apa yang dilakukan oleh Michel, semua orang di lingkungannya baik ia yang non muslim atau yang muslim begitu menghormati Michel. Tidak jarang, beberapa warga muslim juga mengajaknya makan sahur bersama. Mohammed Omar, seorang warga muslim sekitar mengatakan, 


"Saya selalu menunggunya setiap tahun. Ia adalah bagian dari tradisi. Ada yang bangun saat ia membangunkannya dan ada yang tetap tidur. Meski tak semua orang bangun, ia tetap melakukannya. Inilah yang membuat semua orang menghormati dan begitu menghargainya. 

Michel saat makan bersama dengan keluarga muslim | Photo: Copyright haaretz.com

 Apa yang dilakukan oleh Michel begitu mengesankan. Kita semua tentu berharap bahwa toleransi antar umat beragama yang baik dan mengesankan seperti ini bisa terjadi di mana saja dan kapan saja. Selain menambah keluarga, saling menghargai dan menghormati antar umat beragama tentunya akan mendatangkan pahala dari sang pencipta serta menciptakan perdamaian yang mengesankan. Semoga, kita semua bisa saling menghargai dan menghormati antar umat beragama tanpa pamrih dan tulus.

Buat kamu yang sedang menjalankan ibadah puasa, selamat menjalankan ibadah puasa.


Sumber: vemale.com

Advertisemen

Disclaimer: Gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami disini.
Related Posts
Disqus Comments
Blog Demo