v

Petunjuk Jodoh Dunia Akhirat : Cahaya Sholat Istikharah

Advertisemen


 Sholat Istikharah merupakan shalat sunnah, yang berarti bahwa jika dikerjakan akan mendapat pahala dan jika ditinggalkan tidak berdosa. Sholat Istikharah dilaksanakan oleh hamba Allah yang sedang mengalami kebimbangan akan beberapa pilihan hidup. Salah satunya adalah tentang jodoh. Mereka menjalankan sholat Istikharah untuk mendapatkan petunjuk. Petunjuk untuk menentukan pilihan yang tepat.

Biasanya sholat Istikaharah dilaksanakan kapan saja, namun sepertiga malam itu lebih baik
Seperti disebutkan dalam potongan dalil H.R. Ahmad, Bukhari, dan Ashabussunan:
“Dari Jabir bin Abdulah r.a. berkata : Rasullullah SAW. mengatakan kepada kami Istikharah pada semua perkara sebagaimana beliau mengajarkan Al Qur’an.” Ini berarti bahwa Nabi juga menganjurkan untuk melakukan Sholat Istikharah ketika sedang bimbang. Cahaya Sholat Istikharah itulah yang akan menuntun hati kita dalam melakukan proses pemilihan sesuatu hal.

Salah satu kebimbangan adalah masalah jodoh masa depan. Jodoh yang akan mendampingi kita di dunia maupun di akhirat, jodoh yang merupakan tempat berbagi suka maupun duka.

Cahaya Sholat Istikharah merupakan jawaban dari kebimbangan dalam pemilihan jodoh juga dituangkan dalam sebuah hadist, yang berisi:

“…..Ya Allah sekiranya Engkau mengetahui bahwa perkara ini (jodohku) adalah baik bagiku saat ini dan di waktu yang akan datang, atau baik bagi agamaku dan kehidupanku serta masa depanku maka tentukanlah ia bagiku lalu berkatilah. …..”
Sholat Istikaharah dilaksanakan dalam 2 roka’at.

Bagaimana logika dari Cahaya Sholat Istikharah dapat menentukan jodoh hambanya? Bukan Sholat itu yang menentukan, tetapi Allah SWT yag menentukan. Melalui Sholat Istikharah, Allah akan menurunkan pikiran yang jernih dan bernalar sehat untuk menentukan siapa jodoh yang diperuntukkan untuk hambanya itu. Sehingga hambanya dapat menentukan mana jodoh yang baik untuknya.

Banyak orang yang yakin bahwa jawaban atas jodoh mereka akan muncul melalui mimpi atau membuka ayat-ayat Al-Qur’an namun sebenarnya hal itu tidak ada hadistnya. Melalui Cahaya Sholat Istikharah, Allah membukakan insting dan pikiran manusia untuk menuruti apa kata hatinya. Berlomba-lomba untuk meraih Cahaya Sholat Istikharah demi menemukan tulang rusuk sejati.

Memaknai dari Cahaya Sholat Istikharah adalah manusia diciptakan untuk beribadah kepada Allah serta berusaha dan Allah akan memberikan petunjuk.

sumber : 
www.fastabliq.com
Advertisemen

Disclaimer: Gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami disini.
Related Posts
Disqus Comments
Blog Demo