v

Jalaluddin Rumi Akan Difilmkan

Advertisemen
Kisah Maulana Jalaluddin Rumi, sufi besar dari abad ke-13, akan difilmkan oleh sutradara Hollywood, David Franzoni. Film itu akan dibintangi oleh Leonardo de Caprio. Kontrak sudah ditandatangani antara sutradara dan produsernya, Stephen Joel Brown. Pengambilan gambar akan dimulai tahun depan. Caprio sendiri, pemenang Oscar untuk film The Revenant tahun lalu, sedang dinegosiasi menjadi calon utama yang memerankan Rumi.

Menurut Franzoni, syair-syair Rumi begitu terkenal di Amerika. Sebuah film yang menggambarkan kisah hidup Rumi menjadi penting untuk menjelaskan siapa Rumi dan dari mana penyair yang begitu dicintai Amerika itu berasal.

Di jagad twitter, berita tentang film mengenai Rumi-putih itu sedang ramai-ramainya ditanggapi hari-hari ini.

Rumi adalah pendiri orde tasawuf Maulavi. Dua kumpulan puisinya, Mathnawi, dan Divan e-Shams e-Tabrizi, masih terus dilantunkan oleh para pengikut sufi itu, terutama di Turki dan Iran. Makamnya di Konya, Turki, juga terus dikunjungi sebagai tempat ziarah yang dianggap keramat. Syair-syairnya seterkenal lantunan doa indah Abd al-Qadir Jailani yang sangat populer di kalangan jamaah nahdliyin Indonesia; juga seterkenal doa-syair Kumayl di kalangan pengikut Syiah.

Sumber :islami.co
Advertisemen

Disclaimer: Gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami disini.
Related Posts
Disqus Comments
Blog Demo