v

Apa Arti Cinta Sejati Menurut Ajaran Islam ?

Advertisemen

kita sering kali mempersempit pengertian cinta hanya sekedar cinta antara laki-laki dan perempuan. Sebenarnya, arti cinta dalam Islam lebih luas daripada sekedar cinta antara laki-laki dan perempuan. Allah yang maha Pengasih dan maha Penyayang memang menciptakan perasaan cinta kasih diantara hati laki-laki dan perempuan, tapi itu bukan satu-satunya pengertian cinta dalam Islam. Berikut inilah pengertian cinta sejati dalam Islam.


Cinta Makhluk kepada Allah

Cinta sejati yang paling pertama dalam Islam adalah cinta makhluk kepada Allah Subhanahu wa Ta’ala sebagai Tuhannya. Cinta kepada Allah melahirkan keinginan untuk terus beribadah kepada Allah untuk menyenangkan Allah, juga menghindari hal-hal yang bisa menyebabkan dosa karena takut akan kemarahan Allah. Takut kepada Allah bukanlah takut yang menjauhi, tapi takut yang semakin mendekatkan kita kepada-NYA.


Cinta Ummat kepada Rasulullah

Cinta sejati yang kedua adalah cinta kepada Rasulullah Salallahu ‘alaihi wa Salam, yaitu cinta yang membuat kita ingin meniru segala yang dilakukan Rasulullah semasa hidupnya untuk mengikuti sunnah rasul. Muhammad adalah Rasul terakhir yang dipilih Allah untuk menyempurnakan ajaran Islam, ialah panutan kita dalam menjalankan ajaran Islam dan ialah pembawa berkah bagi seluruh alam.


Cinta antara Manusia dan Manusia

Cinta diantara manusia adalah cinta yang menjadikan kita manusia hidup damai di bumi ini sebagai khalifah, yaitu cinta yang mempererat tali persaudaraan pada sesama manusia di muka bumi. Cinta ini bisa berupa cinta pada keluarga, tetangga, saudara, teman, kerabat, dan seluruh ummat Islam di dunia yang sesungguhnya juga masih saudara kita.


Cinta antara Laki-laki dan Perempuan

Cinta sejati yang terakhir adalah cinta antara laki-laki dan perempuan yang kemudian dijaga dalam ikatan pernikahan.


Allah Subhanahu wa Ta’ala Bersabda:

“Dan di antara ayat-ayat-Nya ialah Dia menciptakan untukmu istri-istri dari jenismu sendiri, supaya kamu merasa nyaman kepadanya, dan dijadikan-Nya di antaramu mawadah dan rahmah. Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda-tanda bagi kaum yang berpikir” [Ar-Rum: 21].

Pernikahan dalam Islam adalah tempat untuk manusia menemukan kebahagiaan dan kedamaian dalam sebuah keluarga, yang merupakan lingkungan terkecil dan lingkungan inti dalam lingkungan Islam yang lebih besar.

Sumber: blog.mezora.co.id
Advertisemen

Disclaimer: Gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami disini.
Related Posts
Disqus Comments
Blog Demo